Sifat Fisika Dan Kimia Galium

[Materi] Sifat Kimia dan Sifat Fisika ROFA Education Centre
[Materi] Sifat Kimia dan Sifat Fisika ROFA Education Centre from rofaeducationcentre.blogspot.com

Pengenalan Galium

Galium merupakan unsur kimia yang memiliki simbol Ga dan nomor atom 31. Unsur ini bersifat metalik, berwarna putih keperakan dan merupakan logam lunak. Galium ditemukan pada tahun 1875 oleh seorang ahli kimia Prancis bernama Paul Emile Lecoq de Boisbaudran.

Sifat Fisika Galium

Galium memiliki titik lebur yang rendah, yaitu sekitar 29,8 derajat Celsius. Karena titik leburnya yang rendah, galium dapat melebur di tangan manusia. Hal ini menjadikan galium sebagai bahan yang menarik untuk digunakan dalam berbagai aplikasi elektronik seperti di dalam transistor.

Kegunaan Galium

Galium memiliki beberapa kegunaan dalam industri elektronik. Galium digunakan dalam pembuatan LED (Light Emitting Diode) dan laser. Selain itu, galium juga digunakan dalam manufaktur kaca dan dalam proses pemurnian aluminium.

Sifat Kimia Galium

Galium bersifat amfoterik, yaitu dapat bereaksi dengan baik dengan asam maupun basa. Galium juga bersifat reaktif dalam suasana udara dan dapat membentuk lapisan oksida pada permukaannya. Lapisan oksida inilah yang melindungi logam dari korosi.

Reaksi Galium dengan Asam

Galium dapat bereaksi dengan asam sulfat membentuk gas hidrogen sulfat dan garam galium sulfat. Reaksi ini adalah sebagai berikut: 2Ga + 3H2SO4 → 3H2Ga(SO4)2 + 3H2

Reaksi Galium dengan Basa

Galium juga dapat bereaksi dengan basa seperti natrium hidroksida membentuk gas hidrogen dan garam natrium galiumat. Reaksi ini adalah sebagai berikut: 2Ga + 2NaOH + 6H2O → 2Na[Ga(OH)4] + 3H2

Reaksi Galium dengan Udara

Galium akan membentuk lapisan oksida pada permukaannya ketika terpapar oleh udara. Lapisan oksida ini melindungi logam dari korosi. Reaksi ini adalah sebagai berikut: 4Ga + 3O2 → 2Ga2O3

Kesimpulan

Galium adalah unsur kimia yang sangat menarik karena memiliki sifat fisika dan kimia yang unik. Galium memiliki titik lebur yang sangat rendah sehingga dapat melebur di tangan manusia. Galium juga dapat bereaksi dengan baik dengan asam maupun basa dan bersifat reaktif dalam suasana udara. Galium memiliki banyak kegunaan dalam industri elektronik dan manufaktur kaca.