Laporan Praktikum Kimia Organik Protein

(DOC) Laporan Praktikum Kimia Organik Protein Ayu Melinda Academia.edu
(DOC) Laporan Praktikum Kimia Organik Protein Ayu Melinda Academia.edu from www.academia.edu

Pendahuluan

Dalam praktikum kimia organik protein, kita akan mempelajari berbagai macam metode yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengisolasi protein. Protein adalah molekul kompleks yang terdiri dari asam amino yang terikat satu sama lain melalui ikatan peptida.

Metode Isolasi Protein

Metode isolasi protein yang digunakan dalam praktikum ini adalah pengendapan asam sulfat dan elektroforesis. Dalam pengendapan asam sulfat, protein akan diendapkan dengan penambahan asam sulfat pekat dan alkohol. Sedangkan dalam elektroforesis, protein akan dipisahkan berdasarkan muatan listriknya.

Metode Identifikasi Protein

Metode identifikasi protein yang digunakan dalam praktikum ini adalah uji biuret dan uji xantoprotein. Uji biuret dilakukan dengan menambahkan larutan biuret pada larutan protein yang akan diuji. Jika protein ada dalam larutan, maka akan terbentuk kompleks berwarna ungu. Sedangkan uji xantoprotein dilakukan dengan menambahkan asam nitrat dan larutan xantoprotein pada larutan protein. Jika protein ada dalam larutan, maka akan terbentuk kompleks berwarna kuning.

Prosedur

1. Siapkan bahan dan alat yang diperlukan. 2. Isolasi protein menggunakan metode pengendapan asam sulfat dan elektroforesis. 3. Identifikasi protein menggunakan metode uji biuret dan uji xantoprotein. 4. Catat hasil pengamatan pada tabel yang telah disediakan. 5. Analisis hasil pengamatan dan buat kesimpulan.

Hasil dan Pembahasan

Setelah dilakukan isolasi protein dan identifikasi protein menggunakan metode uji biuret dan uji xantoprotein, didapatkan hasil sebagai berikut. Pada metode pengendapan asam sulfat, protein berhasil diendapkan dan diperoleh hasil yang cukup baik. Sedangkan pada elektroforesis, protein berhasil dipisahkan berdasarkan muatan listriknya. Pada metode uji biuret, terbentuk kompleks berwarna ungu saat larutan biuret ditambahkan pada larutan protein. Hal ini menunjukkan adanya protein dalam larutan. Sedangkan pada uji xantoprotein, terbentuk kompleks berwarna kuning saat asam nitrat dan larutan xantoprotein ditambahkan pada larutan protein. Hal ini juga menunjukkan adanya protein dalam larutan. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa metode isolasi dan identifikasi protein yang digunakan dalam praktikum ini cukup efektif dan dapat menghasilkan hasil yang akurat.

Kesimpulan

Praktikum kimia organik protein merupakan praktikum yang penting dalam mempelajari tentang protein. Metode isolasi dan identifikasi protein yang digunakan dalam praktikum ini cukup efektif dan dapat menghasilkan hasil yang akurat. Dengan memahami metode-metode tersebut, diharapkan dapat mempermudah dalam melakukan identifikasi protein pada penelitian selanjutnya.

Saran

Untuk praktikum selanjutnya, disarankan untuk menambahkan metode identifikasi protein lainnya yang lebih sensitif dan spesifik. Hal ini akan memperluas pemahaman dan pengetahuan tentang protein serta memperkaya pengalaman dalam melakukan penelitian.