Ppt Karbohidrat Kimia Kelas Xii: Memahami Konsep Dasar Karbohidrat

(PPT) KARBOHIDRAT Dian Eka Pertiwi Academia.edu
(PPT) KARBOHIDRAT Dian Eka Pertiwi Academia.edu from www.academia.edu

Pendahuluan

Karbohidrat adalah senyawa organik yang terdiri dari gula, gula kompleks dan polisakarida. Karbohidrat biasa ditemukan pada makanan yang mengandung tepung, gula-gula, buah-buahan dan sayuran. Pada pembahasan PPT Karbohidrat Kimia Kelas XII kali ini, kita akan membahas konsep dasar karbohidrat secara lebih mendalam.

Karbohidrat

Karbohidrat adalah molekul organik yang terdiri dari hidrogen, karbon, dan oksigen. Molekul karbohidrat memiliki rumus umum (CH2O)n, dimana n adalah jumlah molekul monosakarida yang membentuk karbohidrat. Karbohidrat dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu monosakarida, disakarida, dan polisakarida.

Monosakarida

Monosakarida adalah unit dasar dari karbohidrat. Monosakarida memiliki rumus kimia (CH2O)n, dimana n=3,4,5,6. Contoh monosakarida adalah glukosa, fruktosa, dan galaktosa.

Disakarida

Disakarida terbentuk dari dua molekul monosakarida yang bergabung melalui ikatan glikosida. Contoh disakarida adalah sukrosa, laktosa, dan maltosa.

Polisakarida

Polisakarida adalah molekul karbohidrat yang terdiri dari banyak monosakarida yang bergabung melalui ikatan glikosida. Contoh polisakarida adalah selulosa, amilum, dan glikogen.

Fungsi Karbohidrat

Karbohidrat memiliki fungsi penting bagi tubuh manusia, yaitu sebagai sumber energi. Karbohidrat yang dikonsumsi akan diubah menjadi glukosa oleh tubuh dan digunakan sebagai bahan bakar untuk beraktivitas. Selain itu, karbohidrat juga berperan dalam pembentukan struktur sel dan jaringan tubuh.

Karbohidrat dalam Kehidupan Sehari-hari

Karbohidrat dapat ditemukan pada makanan sehari-hari seperti nasi, roti, pasta, kentang, dan buah-buahan. Konsumsi karbohidrat yang cukup diperlukan untuk menjaga keseimbangan nutrisi tubuh.

Kesimpulan

PPT Karbohidrat Kimia Kelas XII membahas konsep dasar karbohidrat secara lebih mendalam. Karbohidrat merupakan molekul organik yang terdiri dari hidrogen, karbon, dan oksigen. Karbohidrat dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu monosakarida, disakarida, dan polisakarida. Karbohidrat memiliki fungsi penting sebagai sumber energi dan pembentuk struktur sel dan jaringan tubuh. Karbohidrat dapat ditemukan pada makanan sehari-hari seperti nasi, roti, pasta, dan buah-buahan.