Asam Mefenamat Kimia Farma: Manfaat, Dosis, Dan Efek Samping

Gambar Obat Asam Mefenamat 500 Mg
Gambar Obat Asam Mefenamat 500 Mg from koleksigambarbagushd.blogspot.com

Pengenalan

Asam mefenamat adalah obat yang digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Obat ini termasuk dalam golongan NSAID (Non-Steroidal Anti-Inflammatory Drugs) yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti sakit gigi, sakit kepala, nyeri haid, dan inflamasi pada sendi.

Manfaat

Asam mefenamat bekerja dengan cara menghambat produksi prostaglandin, yaitu zat yang diproduksi oleh tubuh sebagai respons terhadap cedera atau peradangan. Prostaglandin dapat menyebabkan nyeri dan peradangan pada tubuh. Dengan menghambat produksinya, asam mefenamat dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada tubuh. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi nyeri haid, sakit gigi, sakit kepala, nyeri otot, dan nyeri pasca operasi. Selain itu, asam mefenamat juga dapat membantu mengurangi demam.

Dosis

Asam mefenamat tersedia dalam bentuk tablet, sirup, dan suppositoria. Dosis yang dianjurkan untuk dewasa adalah 500 mg – 1000 mg setiap 8 jam. Sedangkan untuk anak-anak, dosis yang dianjurkan adalah 5 mg/kgBB/hari yang dibagi menjadi tiga dosis.

Efek Samping

Seperti obat-obatan lainnya, asam mefenamat juga memiliki efek samping. Beberapa efek samping yang dapat terjadi antara lain: – Mual dan muntah – Sakit kepala – Pusing – Gangguan pencernaan seperti diare, mual, dan perut kembung – Reaksi alergi seperti ruam, gatal-gatal, dan pembengkakan pada wajah atau bibir Jika mengalami efek samping yang berat seperti pendarahan pada saluran pencernaan atau gangguan pada ginjal, segera hubungi dokter.

Peringatan

Sebelum menggunakan asam mefenamat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan: – Hindari mengonsumsi obat ini bersamaan dengan alkohol atau obat lain yang dapat merusak saluran pencernaan – Hindari mengonsumsi obat ini jika memiliki riwayat alergi terhadap asam mefenamat atau obat lain yang termasuk dalam golongan NSAID – Gunakan obat ini dengan hati-hati jika memiliki riwayat penyakit maag atau gangguan pencernaan lainnya – Hindari mengonsumsi obat ini selama kehamilan atau menyusui, kecuali atas anjuran dokter

Kesimpulan

Asam mefenamat adalah obat yang digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan pada tubuh. Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti sakit gigi, sakit kepala, nyeri haid, dan inflamasi pada sendi. Namun, sebelum mengonsumsi obat ini, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu dan mengikuti dosis yang dianjurkan.