Contoh Soal Kinetika Kimia Orde 1

Reaksi Orde Pertama Bolak balik pada Volume Konstan YouTube
Reaksi Orde Pertama Bolak balik pada Volume Konstan YouTube from www.youtube.com

Pendahuluan

Kinetika kimia adalah ilmu yang mempelajari mengenai kecepatan reaksi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Salah satu jenis kinetika kimia adalah kinetika orde 1. Kinetika orde 1 mempunyai karakteristik bahwa laju reaksi berbanding lurus dengan konsentrasi reaktan. Dalam artikel ini, akan dibahas tentang contoh soal kinetika kimia orde 1 beserta penyelesaiannya.

Soal

Sebuah reaksi orde 1 memiliki konstanta laju sebesar 0,02 detik-1. Jika konsentrasi awal reaktan adalah 0,5 mol/L, tentukan konsentrasi reaktan setelah 30 detik!

Penyelesaian

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari nilai konsentrasi reaktan pada waktu tertentu menggunakan persamaan kinetika orde 1 yaitu: ln [A]t = -kt + ln [A]0 dimana [A]t adalah konsentrasi reaktan pada waktu tertentu, [A]0 adalah konsentrasi awal reaktan, k adalah konstanta laju, dan t adalah waktu. Maka, untuk mencari konsentrasi reaktan setelah 30 detik, kita perlu menghitung nilai ln [A]30 detik dengan menggunakan persamaan di atas. ln [A]30 = -0,02 x 30 + ln 0,5 ln [A]30 = -0,6 + ln 0,5 ln [A]30 = -0,91 Kemudian, kita perlu mengubah nilai ln [A]30 menjadi nilai [A]30 dengan menggunakan fungsi eksponensial, yaitu: [A]30 = e-0,91 [A]30 = 0,4 mol/L Jadi, konsentrasi reaktan setelah 30 detik adalah 0,4 mol/L.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan tentang contoh soal kinetika kimia orde 1 beserta penyelesaiannya. Kinetika orde 1 merupakan jenis kinetika kimia yang laju reaksinya berbanding lurus dengan konsentrasi reaktan. Untuk menyelesaikan soal kinetika orde 1, kita perlu menggunakan persamaan kinetika orde 1 dan fungsi eksponensial. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca dalam memahami konsep kinetika kimia orde 1.