Contoh Soal Ikatan Kimia Beserta Penyelesaiannya

Soal Ikatan Kimia Kelas X Ikatan Ion Dan Ikatan Kovalen
Soal Ikatan Kimia Kelas X Ikatan Ion Dan Ikatan Kovalen from www.beinyu.com

Pengertian Ikatan Kimia

Ikatan kimia adalah gaya tarik menarik antara atom-atom yang menghasilkan sebuah molekul atau senyawa. Ada tiga jenis ikatan kimia yaitu ikatan kovalen, ionik, dan logamik. Dalam ikatan kovalen, atom saling berbagi elektron sedangkan dalam ikatan ionik, atom saling memberikan atau menerima elektron.

Contoh Soal Ikatan Kimia

Soal 1

Tentukan ikatan kimia pada senyawa yang terbentuk dari unsur natrium (Na) dan klorin (Cl).

Jawab:

Senyawa yang terbentuk dari unsur natrium dan klorin adalah natrium klorida (NaCl). Ikatan kimia yang terbentuk adalah ikatan ionik karena natrium memberikan elektron ke klorin.

Soal 2

Tentukan ikatan kimia pada senyawa yang terbentuk dari unsur hidrogen (H) dan oksigen (O).

Jawab:

Senyawa yang terbentuk dari unsur hidrogen dan oksigen adalah air (H2O). Ikatan kimia yang terbentuk adalah ikatan kovalen karena atom hidrogen dan oksigen saling berbagi elektron.

Penyelesaian Soal Ikatan Kimia

Penyelesaian Soal 1

Untuk menentukan ikatan kimia pada senyawa NaCl, kita harus mengetahui terlebih dahulu valensi atau jumlah elektron pada atom-atom tersebut. Natrium memiliki valensi 1 sedangkan klorin memiliki valensi 7.

Untuk membentuk senyawa, natrium akan memberikan satu elektronnya ke klorin sehingga keduanya memiliki konfigurasi elektron gas mulia. Elektron yang diberikan oleh natrium akan menjadi elektron valensi klorin sehingga klorin memiliki 8 elektron valensi dan menjadi ion negatif (Cl-). Natrium yang memberikan elektron akan menjadi ion positif (Na+).

Dalam senyawa NaCl, ion positif dan negatif saling tertarik dan membentuk ikatan ionik.

Penyelesaian Soal 2

Untuk menentukan ikatan kimia pada senyawa H2O, kita harus mengetahui terlebih dahulu valensi atau jumlah elektron pada atom-atom tersebut. Hidrogen memiliki valensi 1 sedangkan oksigen memiliki valensi 6.

Untuk membentuk senyawa, atom hidrogen akan berbagi elektron dengan atom oksigen sehingga keduanya memiliki konfigurasi elektron gas mulia. Setiap atom hidrogen akan berbagi satu elektron dengan oksigen sehingga oksigen memiliki 8 elektron valensi dan menjadi ion negatif (O2-). Hidrogen yang berbagi elektron akan menjadi ion positif (H+).

Dalam senyawa H2O, ion positif dan negatif saling tertarik dan membentuk ikatan kovalen.

Kesimpulan

Ikatan kimia adalah gaya tarik menarik antara atom-atom yang menghasilkan sebuah molekul atau senyawa. Ada tiga jenis ikatan kimia yaitu ikatan kovalen, ionik, dan logamik. Untuk menentukan ikatan kimia pada suatu senyawa, kita harus mengetahui terlebih dahulu valensi atau jumlah elektron pada atom-atom tersebut.