Diclofenac Kalium 12.5 Mg: Manfaat, Dosis, Dan Efek Samping

diclofenac12.5mgsupp Oubari Pharma
diclofenac12.5mgsupp Oubari Pharma from www.oubari.com

Apa itu Diclofenac Kalium 12.5 mg?

Diclofenac kalium 12,5 mg adalah obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Obat ini umumnya digunakan untuk mengobati kondisi seperti nyeri otot dan sendi, osteoartritis, dan artritis reumatoid. Diclofenac kalium 12,5 mg tersedia dalam bentuk tablet dan kapsul.

Manfaat Diclofenac Kalium 12.5 mg

Diclofenac kalium 12,5 mg digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Obat ini dapat membantu mengurangi gejala-gejala yang terkait dengan kondisi seperti osteoartritis dan artritis reumatoid. Diclofenac kalium 12,5 mg juga dapat membantu mengurangi nyeri akibat infeksi gigi, sakit kepala, dan nyeri menstruasi.

Dosis Diclofenac Kalium 12.5 mg

Dosis diclofenac kalium 12,5 mg tergantung pada kondisi medis seseorang dan respons individu terhadap obat tersebut. Biasanya, dosis yang direkomendasikan untuk mengobati nyeri ringan hingga sedang adalah 12,5 mg hingga 25 mg, diambil setiap 4-6 jam. Jangan melebihi dosis yang dianjurkan oleh dokter atau apoteker Anda.

Cara Mengambil Diclofenac Kalium 12.5 mg

Diclofenac kalium 12,5 mg harus diambil dengan makanan atau susu untuk mengurangi risiko iritasi lambung. Jangan menghancurkan atau mengunyah tablet atau kapsul ini. Telanlah dengan segelas air.

Efek Samping Diclofenac Kalium 12.5 mg

Seperti obat-obatan lainnya, diclofenac kalium 12,5 mg juga dapat menyebabkan efek samping. Beberapa efek samping yang paling umum termasuk sakit kepala, pusing, mual, muntah, diare, dan sakit perut. Jika Anda mengalami efek samping yang serius seperti pendarahan, tinnitus, atau ruam kulit, segera hubungi dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Kontraindikasi

Diclofenac kalium 12,5 mg tidak boleh digunakan oleh orang yang memiliki riwayat alergi terhadap obat ini atau obat antiinflamasi nonsteroid lainnya. Obat ini juga tidak boleh digunakan oleh orang yang memiliki riwayat sakit maag atau perdarahan pencernaan. Jangan mengambil diclofenac kalium 12,5 mg tanpa berkonsultasi dengan dokter atau apoteker Anda terlebih dahulu.

Kesimpulan

Diclofenac kalium 12,5 mg adalah obat yang digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Obat ini dapat membantu mengobati kondisi seperti osteoartritis dan artritis reumatoid. Namun, obat ini juga dapat menyebabkan efek samping dan tidak boleh digunakan oleh orang yang memiliki riwayat alergi terhadap obat ini atau obat antiinflamasi nonsteroid lainnya. Jangan mengambil diclofenac kalium 12,5 mg tanpa berkonsultasi dengan dokter atau apoteker Anda terlebih dahulu.