Rpp Kimia Smk Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Teknologi Dan Rekayasa

Rpp Kimia Smk Teknologi Dan Rekayasa Kurikulum 2013 Revisi 2017 Dunia
Rpp Kimia Smk Teknologi Dan Rekayasa Kurikulum 2013 Revisi 2017 Dunia from duniasosial.com

Pendahuluan

Pada tahun 2023 ini, Kurikulum 2013 masih menjadi panduan dalam pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa. Salah satu mata pelajaran yang terdapat dalam kurikulum tersebut adalah Kimia. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan salah satu dokumen penting dalam kegiatan pembelajaran di SMK.

Tujuan Pembelajaran Kimia

Tujuan pembelajaran Kimia di SMK dengan kurikulum 2013 adalah mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengaplikasikan konsep dan prinsip Kimia dalam berbagai bidang keahlian. Selain itu, peserta didik juga diharapkan dapat mengembangkan keterampilan praktis dalam melakukan percobaan dan mengolah data hasil percobaan.

Struktur RPP Kimia SMK

RPP Kimia SMK Kurikulum 2013 terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

  1. Identitas RPP
  2. Kompetensi Dasar
  3. Indikator
  4. Tujuan Pembelajaran
  5. Materi Pembelajaran
  6. Metode Pembelajaran
  7. Kegiatan Pembelajaran
  8. Penilaian Pembelajaran
  9. Referensi

Identitas RPP

Bagian ini berisi informasi mengenai nama sekolah, mata pelajaran, kelas, semester, dan waktu pembelajaran. Identitas RPP sangat penting untuk memudahkan penggunaan RPP oleh guru dan peserta didik.

Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar (KD) merupakan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik dalam pembelajaran Kimia. KD dijabarkan secara rinci dalam kurikulum 2013 dan menjadi acuan dalam penyusunan RPP.

Indikator

Indikator merupakan petunjuk yang memudahkan guru dalam mengukur pencapaian KD oleh peserta didik. Indikator dijabarkan secara rinci dalam kurikulum 2013 dan menjadi acuan dalam penyusunan RPP.

Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran dijabarkan secara rinci dalam RPP. Tujuan pembelajaran harus sesuai dengan KD dan indikator yang telah ditentukan dalam kurikulum 2013. Tujuan pembelajaran harus dapat diukur dan dinilai.

Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran harus disesuaikan dengan KD dan indikator yang telah ditentukan dalam kurikulum 2013. Materi pembelajaran harus relevan dengan bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa.

Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran harus sesuai dengan tujuan pembelajaran dan materi pembelajaran. Metode pembelajaran dapat berupa ceramah, diskusi, tanya jawab, praktikum, dan sebagainya.

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran harus disesuaikan dengan metode pembelajaran. Kegiatan pembelajaran harus memungkinkan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran dan mengasah keterampilan praktis.

Penilaian Pembelajaran

Penilaian pembelajaran harus sesuai dengan KD dan indikator yang telah ditentukan dalam kurikulum 2013. Penilaian pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti tes tertulis, praktikum, observasi, dan sebagainya.

Referensi

Referensi merupakan sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran. Referensi harus relevan dengan KD dan indikator yang telah ditentukan dalam kurikulum 2013.

Kesimpulan

RPP Kimia SMK Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa sangat penting dalam kegiatan pembelajaran di SMK. RPP harus disusun dengan baik dan sesuai dengan kurikulum 2013 agar dapat memudahkan penggunaannya oleh guru dan peserta didik. RPP juga harus memungkinkan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran dan mengembangkan keterampilan praktis.