Percobaan Kimia: Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit

Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit idschool
Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit idschool from idschool.net

Pendahuluan

Percobaan kimia adalah salah satu cara untuk mempelajari sifat-sifat kimia suatu zat. Pada percobaan kali ini, kita akan mempelajari tentang larutan elektrolit dan non elektrolit. Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik, sedangkan larutan non elektrolit tidak dapat menghantarkan arus listrik.

Bahan dan Alat

Untuk melakukan percobaan ini, kita memerlukan beberapa bahan dan alat, antara lain: 1. Larutan elektrolit (misalnya: larutan NaCl, larutan HCl, atau larutan NH4OH) 2. Larutan non elektrolit (misalnya: larutan sukrosa atau larutan urea) 3. Lampu pijar 4. Kabel penghubung listrik 5. Baterai 9 volt 6. Saklar 7. Gelas ukur 8. Pengaduk

Prosedur

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan percobaan ini: 1. Siapkan dua gelas ukur yang berisi masing-masing larutan elektrolit dan non elektrolit. 2. Hubungkan lampu pijar dengan baterai 9 volt menggunakan kabel penghubung listrik. 3. Sambungkan salah satu ujung kabel penghubung listrik dengan saklar, dan ujung yang lainnya dengan lampu pijar. 4. Hubungkan saklar dengan kedua gelas ukur menggunakan penghubung listrik. 5. Nyalakan saklar dan amati lampu pijar.

Hasil

Jika lampu pijar menyala saat kedua larutan dihubungkan dengan saklar, maka larutan tersebut adalah larutan elektrolit. Namun, jika lampu pijar tidak menyala, maka larutan tersebut adalah larutan non elektrolit.

Pembahasan

Larutan elektrolit dapat menghantarkan arus listrik karena terdiri dari partikel-partikel yang bermuatan (ion) yang dapat bergerak bebas dalam larutan. Sedangkan larutan non elektrolit tidak dapat menghantarkan arus listrik karena tidak terdapat partikel-partikel bermuatan dalam larutan tersebut. Dalam percobaan ini, kita menggunakan lampu pijar sebagai indikator keberadaan arus listrik. Saat saklar dinyalakan, arus listrik mengalir dari baterai ke lampu pijar melalui kedua larutan yang dihubungkan. Jika kedua larutan menghantarkan arus listrik, maka lampu pijar akan menyala.

Kesimpulan

Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa larutan elektrolit dapat menghantarkan arus listrik, sedangkan larutan non elektrolit tidak dapat menghantarkan arus listrik.

Saran

Untuk memperdalam pemahaman tentang larutan elektrolit dan non elektrolit, kita dapat melakukan percobaan lain dengan menggunakan bahan dan alat yang berbeda. Selain itu, kita juga dapat membaca buku-buku atau artikel-artikel tentang kimia untuk mempelajari lebih lanjut tentang topik ini.