Latihan 1.1 Kimia Kelas 11: Berilah Nama Senyawa Berikut

Latihan 1.1 Kimia Kelas 11 Berilah Nama Senyawa Berikut Kelas Online
Latihan 1.1 Kimia Kelas 11 Berilah Nama Senyawa Berikut Kelas Online from kelasonlinebelajar.blogspot.com

Pengantar

Sebagai siswa kelas 11 kimia, kita pasti sudah mempelajari tentang senyawa-senyawa kimia. Salah satu hal yang harus kita kuasai adalah memberikan nama pada senyawa-senyawa kimia tersebut. Dalam latihan 1.1 ini, kita akan berlatih memberikan nama pada beberapa senyawa.

Senyawa Pertama: CaCO3

Senyawa pertama yang akan kita beri nama adalah CaCO3. Senyawa ini terdiri dari atom kalsium (Ca), karbon (C), dan oksigen (O). Kita bisa memberikan nama pada senyawa ini dengan nama kalsium karbonat.

Senyawa Kedua: H2SO4

Senyawa kedua yang akan kita beri nama adalah H2SO4. Senyawa ini terdiri dari atom hidrogen (H), belerang (S), dan oksigen (O). Kita bisa memberikan nama pada senyawa ini dengan nama asam sulfat.

Senyawa Ketiga: NaCl

Senyawa ketiga yang akan kita beri nama adalah NaCl. Senyawa ini terdiri dari atom natrium (Na) dan klorin (Cl). Kita bisa memberikan nama pada senyawa ini dengan nama natrium klorida.

Senyawa Keempat: CH4

Senyawa keempat yang akan kita beri nama adalah CH4. Senyawa ini terdiri dari atom karbon (C) dan hidrogen (H). Kita bisa memberikan nama pada senyawa ini dengan nama metana.

Senyawa Kelima: C2H5OH

Senyawa kelima yang akan kita beri nama adalah C2H5OH. Senyawa ini terdiri dari atom karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Kita bisa memberikan nama pada senyawa ini dengan nama etanol.

Senyawa Keenam: NH3

Senyawa keenam yang akan kita beri nama adalah NH3. Senyawa ini terdiri dari atom nitrogen (N) dan hidrogen (H). Kita bisa memberikan nama pada senyawa ini dengan nama amonia.

Senyawa Ketujuh: H2O

Senyawa ketujuh yang akan kita beri nama adalah H2O. Senyawa ini terdiri dari atom hidrogen (H) dan oksigen (O). Kita bisa memberikan nama pada senyawa ini dengan nama air.

Senyawa Kedelapan: CO2

Senyawa kedelapan yang akan kita beri nama adalah CO2. Senyawa ini terdiri dari atom karbon (C) dan oksigen (O). Kita bisa memberikan nama pada senyawa ini dengan nama karbon dioksida.

Senyawa Kesembilan: HCl

Senyawa kesembilan yang akan kita beri nama adalah HCl. Senyawa ini terdiri dari atom hidrogen (H) dan klorin (Cl). Kita bisa memberikan nama pada senyawa ini dengan nama asam klorida.

Senyawa Kesepuluh: NaOH

Senyawa kesepuluh yang akan kita beri nama adalah NaOH. Senyawa ini terdiri dari atom natrium (Na), oksigen (O), dan hidrogen (H). Kita bisa memberikan nama pada senyawa ini dengan nama natrium hidroksida.

Kesimpulan

Itulah latihan 1.1 kimia kelas 11 mengenai memberikan nama pada senyawa-senyawa kimia. Terdapat sepuluh senyawa yang kita beri nama, yaitu kalsium karbonat, asam sulfat, natrium klorida, metana, etanol, amonia, air, karbon dioksida, asam klorida, dan natrium hidroksida. Dengan memahami cara memberikan nama pada senyawa-senyawa kimia, kita akan lebih mudah memahami tentang senyawa-senyawa tersebut dan memperdalam pengetahuan kita dalam kimia.