Harga Favipiravir 200 Mg Kimia Farma Di 2023

Favimax Favipiravir 200 Mg Tablets, Treatment Covid19, Rs 690 /strip
Favimax Favipiravir 200 Mg Tablets, Treatment Covid19, Rs 690 /strip from www.indiamart.com

Pendahuluan

Favipiravir adalah obat antivirus yang telah digunakan untuk mengobati influenza di Jepang. Obat ini juga dikenal dengan nama Avigan dan telah digunakan untuk mengobati pasien COVID-19 di beberapa negara, termasuk Indonesia. Namun, apakah Anda tahu berapa harga Favipiravir 200 mg di Kimia Farma di tahun 2023? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Harga Favipiravir 200 mg Kimia Farma

Pada tahun 2023, harga Favipiravir 200 mg di Kimia Farma diperkirakan akan tetap sama dengan harga pada tahun 2022, yaitu sekitar Rp 1.000.000 per kotak yang berisi 4 tablet Favipiravir 200 mg. Harga ini bisa berbeda-beda tergantung dari kebijakan masing-masing apotek dan wilayah di Indonesia.

Kenapa Harga Favipiravir Mahal?

Salah satu alasan mengapa harga Favipiravir cukup mahal adalah karena obat ini memang tidak diproduksi secara massal. Selain itu, proses produksinya juga membutuhkan teknologi dan bahan-bahan tertentu yang tidak mudah didapatkan. Selain itu, obat ini juga harus melalui proses uji klinis dan mendapatkan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebelum bisa dijual di Indonesia.

Bagaimana Cara Mendapatkan Favipiravir?

Untuk mendapatkan Favipiravir, Anda harus memiliki resep dokter karena obat ini termasuk golongan obat keras. Setelah mendapatkan resep, Anda bisa membeli Favipiravir di apotek terdekat. Pastikan Anda membeli obat ini di apotek yang terpercaya dan mengikuti aturan pemakaian yang direkomendasikan oleh dokter.

Apakah Favipiravir Efektif untuk Mengobati COVID-19?

Favipiravir telah digunakan untuk mengobati pasien COVID-19 di beberapa negara, termasuk Indonesia. Namun, efektivitas obat ini untuk mengobati COVID-19 masih menjadi perdebatan di kalangan para ahli kesehatan. Beberapa studi menunjukkan bahwa obat ini efektif dalam mengurangi gejala dan mempercepat pemulihan pasien COVID-19. Namun, studi lain menunjukkan hasil yang berbeda. Oleh karena itu, penggunaan Favipiravir harus dilakukan dengan hati-hati dan di bawah pengawasan dokter yang berkompeten.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai harga Favipiravir 200 mg di Kimia Farma di tahun 2023. Meskipun harganya cukup mahal, obat ini bisa menjadi pilihan untuk mengobati pasien COVID-19 dengan resep dokter. Namun, penggunaan obat ini harus dilakukan dengan hati-hati dan di bawah pengawasan dokter yang berkompeten.