Peristiwa Berikut Yang Termasuk Perubahan Kimia Kecuali

Berikut Ini Yang Termasuk Perubahan Fisis Adalah Berkas Sekolah
Berikut Ini Yang Termasuk Perubahan Fisis Adalah Berkas Sekolah from berkassekolahguru.blogspot.com

Pengertian Perubahan Kimia

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai peristiwa yang termasuk perubahan kimia kecuali, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu perubahan kimia. Perubahan kimia adalah suatu proses di mana terjadi perubahan susunan molekul dan atom suatu zat menjadi zat baru dengan sifat yang berbeda dari zat asalnya.

Contoh Perubahan Kimia

Beberapa contoh perubahan kimia yang sering terjadi di sekitar kita adalah pembakaran kayu, pembusukan makanan, pembekuan darah, dan lain sebagainya. Namun, tidak semua peristiwa yang terjadi di sekitar kita termasuk perubahan kimia. Berikut adalah peristiwa yang bukan termasuk perubahan kimia:

Peristiwa Berikut Bukan Termasuk Perubahan Kimia

1. Perubahan Fisika

Perubahan fisika adalah perubahan yang terjadi pada suatu zat tanpa mengubah susunan molekul atau atomnya. Contohnya adalah perubahan wujud zat seperti air yang menguap menjadi uap air atau es yang mencair menjadi air.

2. Pencampuran Zat

Pencampuran zat merupakan peristiwa di mana dua atau lebih zat dicampurkan menjadi satu tanpa mengalami perubahan susunan molekul atau atomnya. Contohnya adalah campuran air dan gula, campuran minyak dan air, dan lain sebagainya.

3. Perubahan Fase

Perubahan fase adalah perubahan yang terjadi pada suatu zat ketika berubah dari satu fase ke fase lainnya, seperti air yang mengalami perubahan dari fase cair menjadi fase gas.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa perubahan kimia adalah suatu proses di mana terjadi perubahan susunan molekul dan atom suatu zat menjadi zat baru dengan sifat yang berbeda dari zat asalnya. Namun, tidak semua peristiwa yang terjadi di sekitar kita termasuk perubahan kimia. Perubahan fisika, pencampuran zat, dan perubahan fase adalah beberapa contoh peristiwa yang bukan termasuk perubahan kimia.