Pengawet Makanan Dari Bahan Kimia Yang Diizinkan

Zat Kimia Dalam Makanan Pengertian, Bahan dan Contoh Makanannya
Zat Kimia Dalam Makanan Pengertian, Bahan dan Contoh Makanannya from www.erwinedwar.com

Pengenalan

Makanan yang tahan lama menjadi kebutuhan konsumen pada zaman modern ini. Hal ini mendorong produsen makanan untuk mengembangkan teknologi pengawetan makanan. Pengawetan makanan dapat dilakukan melalui metode alami maupun menggunakan bahan kimia. Salah satu bahan kimia yang diizinkan untuk pengawetan makanan adalah pengawet makanan dari bahan kimia yang diizinkan.

Apa itu Pengawet Makanan dari Bahan Kimia yang Diizinkan?

Pengawet makanan dari bahan kimia yang diizinkan adalah bahan kimia yang ditambahkan ke dalam makanan untuk mencegah pertumbuhan mikroba dan memperpanjang umur simpan makanan. Bahan kimia ini diizinkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan telah melalui uji keamanan dan kehalalan. Bahan kimia ini umumnya tidak berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Jenis-Jenis Pengawet Makanan dari Bahan Kimia yang Diizinkan

1. Natrium Benzoat

Natrium benzoat merupakan pengawet makanan yang sering digunakan pada minuman ringan dan saus tomat. Bahan ini efektif dalam menghambat pertumbuhan mikroba seperti bakteri dan jamur.

2. Kalium Sorbat

Kalium sorbat adalah pengawet makanan yang sering digunakan pada makanan olahan seperti sosis dan keju. Bahan ini efektif dalam menghambat pertumbuhan mikroba seperti khamir, kapang, dan bakteri.

3. Asam Askorbat

Asam askorbat merupakan antioksidan yang sering digunakan pada daging olahan dan buah-buahan untuk mencegah oksidasi dan perubahan warna. Bahan ini juga dapat memperpanjang umur simpan makanan.

Manfaat Pengawet Makanan dari Bahan Kimia yang Diizinkan

Pengawet makanan dari bahan kimia yang diizinkan memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Memperpanjang umur simpan makanan sehingga dapat mengurangi pemborosan makanan.
  • Mencegah keracunan makanan karena pertumbuhan mikroba.
  • Memudahkan konsumen dalam membeli makanan yang tahan lama.

Keamanan Pengawet Makanan dari Bahan Kimia yang Diizinkan

Pengawet makanan dari bahan kimia yang diizinkan secara umum aman untuk dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Namun, penggunaan bahan kimia ini harus sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh BPOM. Konsumen juga disarankan untuk membaca label makanan sebelum membeli untuk mengetahui apakah makanan tersebut mengandung pengawet makanan dari bahan kimia yang diizinkan.

Kesimpulan

Pengawet makanan dari bahan kimia yang diizinkan merupakan salah satu metode pengawetan makanan yang aman dan efektif. Penggunaan bahan kimia ini harus sesuai dengan aturan yang ditetapkan dan konsumen disarankan untuk membaca label makanan sebelum membeli. Dengan pengawetan makanan yang tepat, makanan dapat bertahan lebih lama dan mengurangi pemborosan makanan.