Materi Fisika Dasar Teknik Kimia Semester 1

Materi Kimia Dasar Teknik Kimia Semester 1
Materi Kimia Dasar Teknik Kimia Semester 1 from genethics.co

Pengenalan

Fisika dasar adalah salah satu mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa teknik kimia semester 1. Mata kuliah ini membahas tentang dasar-dasar fisika yang berkaitan dengan teknik kimia. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar tentang konsep dasar fisika seperti mekanika, termodinamika, optika, dan listrik.

Mekanika

Mekanika adalah salah satu konsep dasar fisika yang dipelajari dalam mata kuliah fisika dasar. Mekanika membahas tentang gerak benda dan gaya yang bekerja pada benda. Mahasiswa teknik kimia akan belajar tentang hukum newton, gerak parabola, gerak harmonis sederhana, dan lain sebagainya.

Termodinamika

Termodinamika adalah cabang ilmu fisika yang membahas tentang hubungan antara panas dan energi. Dalam mata kuliah fisika dasar, mahasiswa teknik kimia akan belajar tentang hukum termodinamika, siklus Carnot, dan aplikasinya dalam teknik kimia.

Optika

Optika membahas tentang cahaya dan sifat-sifatnya. Dalam mata kuliah fisika dasar, mahasiswa teknik kimia akan belajar tentang pembiasan cahaya, cermin datar, lensa, dan pembentukan gambar.

Listrik

Listrik merupakan salah satu konsep dasar dalam fisika. Mahasiswa teknik kimia akan belajar tentang hukum ohm, rangkaian listrik, kapasitor, dan induktor dalam mata kuliah fisika dasar.

Praktikum

Selain teori, mahasiswa teknik kimia semester 1 juga akan melakukan praktikum. Praktikum fisika dasar bertujuan untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari di dalam kelas. Mahasiswa akan melakukan eksperimen tentang gerak benda, hukum newton, dan lain sebagainya.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang materi fisika dasar teknik kimia semester 1. Dengan memahami konsep dasar fisika, mahasiswa teknik kimia akan dapat menerapkan ilmunya dalam bidang teknik kimia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa teknik kimia semester 1.