Kosakata Kimia Dalam Bahasa Inggris Dan Artinya

Cara Membaca Kosakata dalam Kamus Bahasa Inggris
Cara Membaca Kosakata dalam Kamus Bahasa Inggris from squline.com

Pengenalan

Kimia merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang sifat, struktur, dan reaksi zat-zat di alam. Dalam pembelajaran kimia, kosakata merupakan hal yang sangat penting untuk dipahami. Terlebih lagi, kosakata kimia dalam bahasa Inggris menjadi hal yang wajib dikuasai oleh para pelajar atau mahasiswa yang ingin mengejar karir di bidang ilmu kimia.

Dasar-Dasar Kosakata Kimia dalam Bahasa Inggris

1. Atom

Atom merupakan partikel paling kecil dari sebuah unsur kimia. Dalam bahasa Inggris, atom dikenal dengan sebutan “atom”. Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah “The atom consists of a nucleus and electrons”. Dalam bahasa Indonesia, atom memiliki arti “inti” atau “inti atom”.

2. Molekul

Molekul merupakan gabungan dari dua atau lebih atom yang terikat secara kimia. Dalam bahasa Inggris, molekul dikenal dengan sebutan “molecule”. Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah “Water is composed of two hydrogen atoms and one oxygen molecule”. Dalam bahasa Indonesia, molekul memiliki arti “gabungan molekul”.

3. Reaksi Kimia

Reaksi kimia merupakan proses perubahan zat-zat kimia menjadi zat-zat lain yang baru. Dalam bahasa Inggris, reaksi kimia dikenal dengan sebutan “chemical reaction”. Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah “The chemical reaction between baking soda and vinegar produces carbon dioxide gas”. Dalam bahasa Indonesia, reaksi kimia memiliki arti “reaksi kimia”.

4. Larutan

Larutan merupakan campuran homogen dari dua atau lebih zat yang terdiri dari zat pelarut dan zat terlarut. Dalam bahasa Inggris, larutan dikenal dengan sebutan “solution”. Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah “The salt is dissolved in water to make a solution”. Dalam bahasa Indonesia, larutan memiliki arti “campuran”.

5. Asam dan Basa

Asam dan basa merupakan jenis zat kimia yang memiliki sifat khas. Dalam bahasa Inggris, asam dikenal dengan sebutan “acid” dan basa dikenal dengan sebutan “base”. Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah “Vinegar is an acid and baking soda is a base”. Dalam bahasa Indonesia, asam dan basa memiliki arti yang sama seperti dalam bahasa Inggris.

Kesimpulan

Dalam pembelajaran kimia, kosakata merupakan hal yang sangat penting untuk dipahami. Terlebih lagi, kosakata kimia dalam bahasa Inggris menjadi hal yang wajib dikuasai oleh para pelajar atau mahasiswa yang ingin mengejar karir di bidang ilmu kimia. Dalam artikel ini, telah dijelaskan dasar-dasar kosakata kimia dalam bahasa Inggris beserta artinya dalam bahasa Indonesia.