Rumus Kimia Dextromethorphan Hbr

Dextromethorphan HBR at Rs 6200/kg Pharma Raw Material ID 21833609388
Dextromethorphan HBR at Rs 6200/kg Pharma Raw Material ID 21833609388 from www.indiamart.com

Apa Itu Dextromethorphan HBR?

Dextromethorphan HBR adalah obat yang digunakan untuk meredakan batuk kering. Obat ini bekerja dengan cara memengaruhi otak dan mengurangi refleks batuk. Dextromethorphan HBR termasuk dalam golongan obat-obatan yang disebut antitusif.

Kegunaan Dextromethorphan HBR

Dextromethorphan HBR digunakan untuk meredakan batuk kering. Obat ini dapat digunakan untuk meredakan batuk yang disebabkan oleh flu, pilek, atau penyakit pernapasan lainnya. Dextromethorphan HBR bekerja dengan cara mengurangi refleks batuk yang disebabkan oleh iritasi di tenggorokan.

Cara Kerja Dextromethorphan HBR

Dextromethorphan HBR bekerja dengan cara memengaruhi otak dan mengurangi refleks batuk. Obat ini bekerja pada bagian otak yang disebut dengan medulla oblongata, yang mengatur refleks batuk. Dengan mengurangi refleks batuk, maka batuk bisa mereda.

Dosis Dextromethorphan HBR

Dosis dextromethorphan HBR tergantung pada usia dan kondisi kesehatan. Sebaiknya mengikuti petunjuk dokter atau yang tertera pada kemasan obat. Biasanya dosis dextromethorphan HBR untuk dewasa adalah 10-20 mg setiap 4-6 jam. Sedangkan untuk anak-anak, dosisnya tergantung pada usia dan berat badan.

Efek Samping Dextromethorphan HBR

Efek samping yang mungkin terjadi setelah mengonsumsi dextromethorphan HBR antara lain pusing, kantuk, mual, dan sembelit. Jika mengalami efek samping yang serius seperti sesak napas, ruam kulit, atau pembengkakan pada wajah, segera hubungi dokter.

Peringatan Penggunaan Dextromethorphan HBR

Dextromethorphan HBR tidak boleh digunakan oleh orang yang sedang mengonsumsi obat-obatan golongan inhibitor monoamin oksidase (MAOI) atau sedang dalam kondisi hipertensi. Selain itu, penggunaan dextromethorphan HBR pada ibu hamil atau menyusui sebaiknya dengan pengawasan dokter.

Interaksi Obat Dextromethorphan HBR

Dextromethorphan HBR dapat berinteraksi dengan obat-obatan lainnya seperti obat penenang, obat pereda nyeri, dan obat penurun tekanan darah. Sebelum mengonsumsi dextromethorphan HBR, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Petunjuk Penyimpanan Dextromethorphan HBR

Dextromethorphan HBR sebaiknya disimpan pada suhu ruangan dan di tempat yang kering. Jangan menyimpan obat ini di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau di tempat yang lembap.

Kesimpulan

Dextromethorphan HBR adalah obat yang digunakan untuk meredakan batuk kering. Obat ini bekerja dengan cara memengaruhi otak dan mengurangi refleks batuk. Sebaiknya mengikuti petunjuk dokter atau yang tertera pada kemasan obat untuk dosis penggunaan. Selain itu, perlu diingat bahwa dextromethorphan HBR tidak boleh digunakan oleh orang yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu dan sebaiknya disimpan dengan baik.